Pemerintah Fokuskan Bikin Peta Jalan Pembangunan Gedung Hijau di Sektor Publik

Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki inisiatif yang keren nih, guys! Mereka lagi fokus banget nih dalam pengembangan bangunan gedung hijau (BGH), terutama di sektor publik dan gedung-gedung pemerintah. Fajar Santosa Hutahaean, si bos di bagian Data dan Pengembangan Sistem, menjelaskan bahwa peta jalan untuk penyelenggaraan BGH ini bakal diutamakan buat kantor-kantor pemerintah.

Kenapa sih kantor pemerintah jadi prioritas? Nah, ternyata berdasarkan data dari PLN, selama masa pandemi Covid-19 tahun 2019-2020, penggunaan listrik untuk komersial dan bisnis turun sekitar 6-8 persen. Tapi, kantor pemerintah cuma turun 2 persen aja, lho! Jadi, dari situ keliatan banget kalau gedung-gedung pemerintah ini cenderung lebih boros energi dibandingkan gedung komersial.

Selain itu, pemerintah juga pengen jadi contoh yang baik, apalagi sebagai pembuat regulasi. Mereka harus jadi yang pertama dalam menerapkan prinsip-prinsip hijau, supaya nantinya bisa menginspirasi gedung-gedung lain untuk ikutan hijau-hijauan. Kalau semua kantor pemerintah bisa beralih ke bangunan rendah karbon dan berhasil hemat energi sampe 25 persen, maka emisi karbon yang berkurang bisa mencapai 1,91 juta ton CO2 ekuivalen pada tahun 2030!

Fajar juga bilang, target penurunan emisi karbon di Indonesia adalah 39 persen di tahun 2030 dan Net Zero Emission di tahun 2060. Jadi, kita harus kerja keras nih buat ngurangin emisi karbon dan menjaga lingkungan kita. Meskipun peraturan tentang pembangunan berkelanjutan udah dimulai sejak 2015, tapi baru tahun 2020 ini sekretariat bangunan gedung hijau didirikan. Jadi, masih banyak yang harus dilakuin nih buat mewujudkan bangunan hijau di Indonesia.

Oh iya, buat yang mau bangun gedung baru, harus memperhatikan prinsip-prinsip hijau ya! Kalau nggak sesuai, ntar nggak dapet sertifikat izin bangunannya. Jadi, penting banget nih buat ngikutin standar Environmental, Social, dan Governance (ESG) dalam pembangunan gedung. Semua harus ikut aturan biar lingkungan kita tetep terjaga dengan baik.

Jadi, intinya nih, pemerintah lagi fokus banget dalam mengembangkan bangunan gedung hijau di Indonesia. Mereka pengen jadi contoh yang baik dan menginspirasi gedung-gedung lain buat ikutan hijau-hijauan. Yuk, kita dukung terus upaya mereka dalam menjaga lingkungan dan mengurangi emisi karbon! Semangat untuk bangunan hijau di Indonesia! 🌿🏢💚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *